Adab Menjaga Pergaulan

Adab Menjaga Pergaulan

Adab Menjaga Pergaulan – assalamualaikum wr.wb

Adab Menjaga Pergaulan

Manusia adalah seorang makhluk social yaitu makhluk yang tidak bisa hidup sendirian, hampir semua kegiatan manusia melibatkan manusia lain. Dengan perannya sebagai makhluk social manusia harus berinteraksi dan berkomunikasi antara satu sama lain untuk bersilaturahmi atau bergaul. Untuk menjaga kedamaian manusia dalam pergaulan maka islam telah menetapkan adab menjaga pergaulan dan sudah tertulis dalam beberapa surat di al quran. Buat yang masih belum tau tentang adab menjaga pergaulan langsung saja deh ke pembahasannya aja.

1. SESAMA MUSLIM ADALAH SAUDARA

Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat,” (Q.S. al-Hujurat: 10).

adab menjaga pergaulan yang pertama dijelaskan di surat al hujurat ayat 10, dimana sesama muslim dan orang beriman itu bersaudara. Kita disuruh untuk berdamai dan takut kepada allah supaya kita mendapatkan rahmat.

2. TIDAK BOLEH SALING HINA

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat maka mereka itulah orang-orang yang zalim,” (Q.S. al-Hujurat: 11).

adab menjaga pergaulan yang kedua ini masih dari surat al hujurat lanjut ke ayat 11, kita tidak boleh menghina orang sebab bisa jadi yang dihina lebih baik daripada menhina.

3. TIDAK BOLEH BERPRASANGKA

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), Karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang,” (Q.S. al-Hujurat: 12).

adab menjaga pergaulan yang selanjutnya lanjutan surat al hujurat ayat 12, dimana kita dilarang berprasangka karena sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri bagi orang yang berprasangka.

Nah kurang lebih seperti itu lah adab menjaga pergaulan dalam islam, dimana semua dijaga supaya tercipta ketertiban dan kedamaian didalam bersosialisasi. Nah kali ini admin ingin memberikan info buat temen-temen yang ingin membeli celana sirwal atau alat ibadah dan islami, manhijrah.com men jual celana sirwal untuk kalian yang ingin tampil lebih syar’i.

Sekian dulu yah, assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *