Apa Saja Yang Membatalkan Wudhu

Apa Saja Yang Membatalkan Wudhu – Assalamualaikum wr.wb.

Hai temen-temen, di postingan kali ini ane bakal share sedikit ilmu yang mayoritas orang tidak tahu dan tidak sadar telah melakukannya. Yup’s, kali ini ane bakal share apa saja yang membatalkan wudhu. Karena banyak sekali orang yang ini itu namun secara tidak sadar membatalkan wudhu nya, oleh karena itu antum-antum sekalian bisa nge share artikel ini jika memang berfaedah supaya temen-temen antum faham akan hal ini.

Apa Saja Yang Membatalkan Wudhu
Banyak sekali orang tidak tahu hal-hal apa saja yang membatalkan wudhu, dibawah ini adalah beberapa hal yang membatalkan wudhu dan alasannya kenapa membatalkan wudhu:

1.Keluar hadas kecil maupun besar

Hal yang membuat wudhu batal pertama kali batal adalah keluarnya hadas kecil maupun besar, segala sesuatu yang keluar dari pintu alat vital (qubul dan dubur) adalah membatalkan wudhu. Meskipun hanya sedikit tetap membatalkan wudhu dan kita diwajibkan untuk berwudhu lagi. Buang angin juga termasuk hal yang membatalkan wudhu, karena angina juga keluar dari dubur.
Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah menahan buang angina supaya wudhunya tidak batal, namun kenyataannya hal itu adalah salah. Menahan buang angin juga sudah membatalkan wudhu, karena anginnya tetap akan keluar sedikit demi sedikit tanpa kita sadari. Dan kita pun harus mengulang wudhu lagi, jadi menahan angina juga membatalkan wudhu.

2.Hilang akal atau kesadarannya

Hilang kesadaran juga membatalkan wudhu, contoh seperti tidur atau pingsan. Seperti dalam kata nabi dalam sabdanya “ barang siapa tidur maka berwudhulah” (HR. Abu Dawud)
Namun ada juga tidur yang tidak membatalkan wudhu, tapi dengan posisi tertentu. Tidur dengan posisi duduk atau dengan menetapkan pantat ditempat duduk tidak akan membatalkan wudhu seseorang, karena tidur dengan posisi tersebut tidak memungkinkan seseorang untuk kentut kecuali dengan mengubah posisi tersebut.

3.Bersentuhan dengan yang bukan mahramnya

Batal wudhu seseorang yang bersentuhan dengan yang bukan mahramnya dengan ataupun tanpa nafsu. Jika laki-laki sudah baligh bersentuhan dengan perempuan yang bukan mahramnya maka akan membatalkan wudhunya, begitu pula dengan wanita yang sudah baligh pun sama.

4.Menyentuh qubul ataupun dubur

Menyentuh qubul dan dubur membatalkan wudhu karena qubul dan dubur merupakan tempat atau bagian vital yang kotor. Rasulullah bersabda “ barangsiapa yang memegang kelaminnya maka berwudhulah” (HR. Ahmad)

Demikian adalah hal hal apa saja yang membatalkan wudhu yang dapat saya share dipostingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa di share pada temen-temen antum yang belum paham.

Assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *