Hukum Isbal Menurut Islam

Hukum Isbal Menurut Islam – Assalamualaikum wr.wb

Nah buat brother wa sister ikhwan wa akhwat sekalian, kali ini ane mau bagiin nih suatu ilmu yang kadang para ikhwan gak tahu padahal ini adalah perkara penting buat para ikhwan khususnya. Perkara apakah itu? kali ini ane akan berbagi tentang hukum isbal menurut islam. Bedakan ya antara isbal dengan isbat, soalnya beda lho ya. Kalo isbal itu memiliki arti pemantapan atau penentuan sedangkan isbal itu artinya adalah menjulurkan pakaian melebihi mata kaki.
Lanjut ke penjelasan dasar dulu yah tentang isbal.

Hukum Isbal Dalam Islam

PENGERTIAN ISBAL

Isbal adalah memanjangkan pakaian melebihi mata kaki, yang dimaksud isbal sendiri adalah mengenakan pakaian yang melebihi atau dibawah mata kaki

HUKUM ISBAL

Ketika kita berbicara mengenai hukum akan suatu hal, kita tidak bisa langsung ambil kesimpulan hanya dari satu sisi dan sudut pandang, karena ada banyak sekali mazhab yang berbeda mengenai hukum isbal sendiri. Banyak yang menyatakan bahwa isbal itu haram dan yang isbal itu dijamin masuk neraka, tapi ada juga yang bilang bahwa isbal itu diperbolehkan asalkan tidak berniat atau bermaksud sombong. Sampai saat ini masih banyak yang berkata bahwa isbal itu adalah dosa, dan banyak orang yang bilang bahwa isbal itu merupakan sebuah sunnah nabi. Di beberapa kalangan banyak juga yang membolehkan isbal dengan berdasarkan dulu tempat tinggal rasulullah adalah padang pasir, jadi disunnahkan untuk memakai pakaian diatas mata kaki untuk membuat pakaian terjaga kebersihannya dan tidak kotor saat dipakai untuk sholat.
Nah untuk perkara isbal sendiri masih menjadi perkara khilafiyah, dan ada 3 golongan yang memperdebatkan tentang isbal. Yaitu golongan yang mengharamkan, menghalalkan, dan memakruhkan isbal.

GOLONGAN YANG MENGHARAMKAN ISBAL

Golongan ini berpendapat bahwasanya isbal itu haram baik itu sombong atapun tidak sombong, jika dengan kesombongan maka keharamannya lebih kuat dengan diancam neraka, dan jika tidak sombong tetap diharamkan dan allah tidak akan mau melihat nya di akhirat.
Golongan ini bersandarkan akan hadist :
“Sesungguhnya orang yang menjulurkan pakaiannya dengan sombong, maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat nanti.” (HR. Muslim No. 2085. Ibnu Majah No.3569, 3570, An Nasa’i No. 5327, Ahmad No. 4489)

GOLONGAN YANG MENGHALALKAN ISBAL

Golongan ini menyatakan bahwa dalil-dalil yang melarang isbal adalah muthlaq, dan dalil muthlaq harus dibatasi oleh dalil yang muqayyad. Jadi secara global isbal memang dilarang atau haram, tetapi ada ‘illat yang men-taqyidkan yaitu karena khulaya’ atau sombong. Kaidahnya adalah hamlul muthlaq ilal muqayyad (dalil yang global mesti dipahami dengan dalil yang mengikatnya atau mengkhususkannya)
Golongan ini berpegang akan hadist:
“Berkata pengarang Al Muhith dari kalangan Hanafiyah, dan diriwayatkan bahwa Abu Hanifah Rahimahullah memakai mantel mahal seharga empat ratus dinar, yang menjulur hingga sampai tanah. Maka ada yang berkata kepadanya: “Bukankah kita dilarang melakukan itu?” Abu Hanifah menjawab: “Sesungguhnya larangan itu hanyalah untuk yang berlaku sombong, sedangkan kita bukan golongan mereka.” (Imam Ibnu Muflih, Al Adab Asy Syar’iyyah, Juz. 4, Hal. 226. Mawqi’ Al Islam)

GOLONGAN YANG MEMAKRUHKAN ISBAL

Golongan ini merupakan golongan mayoritas, mereka menggunakan dalil yang sama dengan golongan yang memperbolehkan isbal. Tapi bedanya dengan golongan yang menghalalkan isbal aalah golongan ini tidak mengatakan memperbolehkan jika tanpa atau tidak sombong, tapi tidak juga mengatakan haram. Golongan ini menilainya sebagai makruh tanzih.
Mereka berbeda pendapat dalam hal memanjangkannya sampai melewati dua mata kaki dengan tanpa sombong dan tanpa kebutuhan: madzhab jumhur (mayoritas) adalah menyatakan sebagai makruh tanzih. (Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 34/170)

Itulah beberapa hukum isbal menurut islam, meski ada banyak perbedaan tapi kita harus tetap menjaga toleransi antar kepercayaan mazhab masing-masing. Untuk ikhwan yang tertarik untuk mengenakan celana sirwal (cingkrang) dapat membelinya di manhijrah.com karena kami menyediakan celana sirwal yang murah dengan kualitas terbaik. Nah untuk kalian yang ingin membaca artikel mengenai artikel berkonten islami dapat mengungjungi blog manhijrah.com
Terima kasih untuk brother wa sister ikhwan wa akhwat yang sudah membaca artikel ini sampai habis, stay tune yah di manhijrah.com untuk postingan yang bermanfaat selanjutanya.

Assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *