Keberagaman Islam Di Indonesia

Keberagaman Islam Di Indonesia

Keberagaman Islam Di Indonesia – assalamualaikum wr.wb

hai sahabat muslim wa muslimah, kembali lagi di manhijrah.com. sering gak sih sahabat muslim wa muslimah berbeda pendapat dengan temen atau orang di sekitar antum padahal sama sama beragama islam. Nah kali ini manhijrah.com akan membahas keberagaman islam di Indonesia yang kadang di sepelekan orang yang kadang bisa menimbulkan perpecahan antar umat.

KEBERAGAMAN ISLAM DI INDONESIA

Keberagaman Islam Di Indonesia

Banyak sekali orang berpendapat bahwa islam masuk di Indonesia melalui pedagang dari gujurat yang singgah ke Indonesia, namun ada juga yang berpendapat bahwa islam masuk ke indonesi dibawa oleh wali songo atau Sembilan sunan yang berdakwah ke seluruh penjuru nusantara. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali golongan dan kelompok kelompok dalam agama islam, tiap kelompok dan golongan memiliki pendapat dan penafsiran yang berbeda beda namun tetap berpegang pada al quran dan al hadist.

Sebagian contoh dari kelompok dan golongan yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. MUHAMMADIYAH

Muhammadiyah adalah organisasi islam yang besar di Indonesia, muhammadiyah sering juga di sebut sebagai orang orang yang menjadi pengikut nabi Muhammad saw. Tujuan utama dari muhammadiyah adalah mengembalikan seluruh penyimpangan agama islam yang di campu adukkan dengan dengan kebiasaan di daerah tertentu dengan alibi adaptasi.

2. NAHDATUL ULAMA

Nahdatul ulama (kebangkitan ulama) adalah organisasi islam terbesar di Indonesia, organisasi ini bergerak di bidang agama, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Nahdatul ulama menganut ahlussunnah waljamaah, dimana sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan ekstrem naqli (skriptualis). Bagi nahdatul ulama sumber hukum islam tidak hanya al quran dan sunnah, namun juga dari kemampual akal dan realitas empirik.

3. LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA

LDII merupaka lembaga dakwah kemasyarakatan di Indonesia, LDII mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas peradaban, hidup, harkat, dan martabat kehidupan masyarakat. Sumber hukum LDII adalah alquran dan al hadist, namun ulama LDII juga menggunakan ilmu nahwu, shorof, badi’, ma’ani, bayan, mantek, balaghoh, usul fiqih, dan lain sebagainya. Karena untuk memahami maksud dari alquran tidak cukup hanya dengan membaca dengan penguasaan bahasa.

Nah itulah sebagian kelompok dan golongan islam yang menjadi keberagaman islam di Indonesia, masih ada banyak lagi jika kita ingin lebih mendalami keberagaman islam di Indonesia. Nah untuk penutupan kali ini admin ingin sedikit ngasih info nih bahwa manhijrah.com jual celana sirwal untuk kalian yang ingin tampil lebih syar’i.

Demikian artikel tentang keberagaman islam di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan kita dan membuat kita saling toleransi atas perbedaan dari tiap golongan.

Assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *