Manfaat dan Keutamaan Menggunakan Celana Sirwal

Manfaat dan keutamaan menggunakan celana sirwal – Celana siwal atau celana cingkrang memang masih menjadi hal yang asing bagi masyarakat, namun taukah anda bahwa celana sirwal telah di gunakan sejak jaman dahulu kala?

SEJARAH CELANA SIRWAL

Sejak masa kerajaan islam dahulu celana cingkrang/ celana sirwal ini sudah banyak di gunakan oleh umat islam dan ini telah menjadi sebuah hal yang biasa bagi masyarakat timur tengah, namun belum termasuk masyarakat asia termasuk indonesia.
Karena masih banyak sekali masyarakat yang menganggap orang yang memakai celana sirwal sebagai kaum yang kurang bergaul.Celana sirwal Formal 1

Terlepas dari itu semua yang jadi masalah nya apakah hukum dari memakai celana sirwal? apakah hukumnya sunnah atau wajib, mubah atau makruh, sombong atau tidak nya,namun taukah anda ketika seseorang memakai celana sirwal dia telah mendapat beberapa keutamaan di antaranya:

Memakai celana sirwal lebih mendekati sunnah

Untuk point pertama yang saya jelaskan mungkin banyak orang yang setuju dan banyak pula orang yang tidak setuju namun dalam penjelasannya ada di hadist di bawah ini:

Sabda Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam,

ما أسفل من الكعبين من الإزار ففي النار

“Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah neraka” (HR. Bukhari 5787)

dan ada beberapa hadist yang sifatnya lebih umum yang melarang perbuatan isbal

Dari larangngan yang bersifat umum ini kita telah memetik beberapa kaidah yang mana di perbolehkannya seseorang memakai celana sirwal dan ini termasuk dalam sunnah Rasulullah.

Lalu pertanyaannya kenapa memakai celana sirwal ini lebih nyunnah?
mungkin anda akan bertanya seperti itu yah ,? baik lah akan saya jelaskan di penjelasannya di bawah ini:

Jawabanya karena memakai celana sirwal ini merupakan sebuah jalan keluar dari perselisihan antara banyak ulama tentang celana sirwal ini.

kenapa seperti itu? karena tidak ada satu ulamapun yang melarang memanjangkan kain sampai hanya sebatas mata kaki, sementara jika menjulurkan kain/celananya di bawah mata kaki sudah jelas ada kemungkinan pelarangannya, seperti yang telah di sebutkan di atas.

Maka oleh karena itu memakai celana sirwal lebih mendekatkan ke sunnah.

Namun jika ada seseorang yang memakai celana sirwal/ celana cingkrang namun sombong maka jelas itu tidak boleh karena sombong merupakan perbuatan tercela.

MANFAAT MEMAKAI CELANA SIRWAL

lalu apa manfaat yang akan saya dapatkan jika saya memakai celana sirwal ?

Baik mungkin ada juga yang bertanya seperti itu ” lalu apa yang saya dapatkan jika saya memakai celana sirwal, manfaat apa yang saya dapatkan?”

berikut ini beberapa manfaat memakai celana sirwal

1. Lebih mendekatkan ke sunnah.

Manfaat menggunakan celana sirwal yang pertama adalah lebih mendekatkan ke ke sunnah rasulullah, dan ini telah di jelaskan di atas silahkan yang belum baca di baca dulu yah ^_^

2. Lebih terjaga dari najis

Untuk manfaat menggunakan celana sirwal yang kedua yaitu  lebih menjaga diri dari kotoran atau najis.

Dengan menggunakan celana sirwal ketika beraktifitas di luar maka anda akan lebih aman terhindar dari najis yang mungkin menempel di celana.

Ketika hendak melewati tempat yang kotor kita lebih aman terhindar dari najis di karenakan celana yang kita gunakan cingkrang diatas mata kaki, jadi tidak perlu takut terciprat terkena najis kotoran yang kecil.

Berbeda jika kita menggunakan celana yang isbal maka kita harus mengankat celana terlebih dahulu agar celana di bawah mata kaki tidak terkena najis yang ada di tempat itu.

3. Lebih terlihat rapih

Namun mungkin banyak para pembaca yang tidak setuju dengan point yang no tiga ini. Namun ketika saya melihat seseorang pria menggunakan celana diatas mata kaki atau pas di mata kaki lebih terlihat rapih dibandingkan pria yang celana nya melebihi mata kaki dan terinjak-injak oleh kakinya.

4. Lebih bersih
manfaat menggunakan celana sirwal yang ke empat itu lebih bersih di karenakan lebih aman terhindar dari najis, seperti yang telah di jelakan di atas tadi.

sehingga kebersihan dan kesucian celanapun lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *