Rukun Menyembelih Qurban

Rukun Menyembelih Qurban

Rukun Menyembelih Qurban – Assalamualaikum wr.wb

Dalam penyembelihan hewan qurban pada tanggal 10 dzulhijah tidak hanya dilakukan hanya dengan asal menyembelih hewan qurban, karena dalam menyembelih hewan qurban sendiri ada rukun rukun dalam menyembelih hewan qurban yaitu rukun menyembelih hewan qurban. Dalam hal ini rukun menyembelih qurban harus dipenuhi, Karena jika tidak dipenuhi maka sembelihan tidak afdol dan bahkan bisa menjadi haram. Nah jadi perlu kita ketahui apa saja sih yang menjadi rukun menyembelih qurban yang harus dipenuhi, yuk langsung simak lengkapnya dibawah ini.

RUKUN MENYEMBELIH QURBAN

Rukun Menyembelih Qurban

Rukun menyembelih qurban adalah hal hal yang harus dilakukan oleh orang yang menyembelih qurban, nah rukun rukun apa saja yang harus di penuhi? Berikut urutannya:

1. MENYEBUT NAMA ALLAH SWT

Dalam surat al an’am ayat 21 disebutkan bahwa “janganlah kamu memakan binatang binatang yang tidak disebut nama allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan kawannya agar mereka membantah kamu, dan jika kamu menuruti mereka maka tentulah kamu menjadi orang orang yang musyrik.”

Menyebut nama allah sebelum menyembelih adalah hal utama yang wajib dilakukan, karena jika kita tidak menyebut nama allah maka daging hasil sembelihan tadi akan menjadi haram meskipun hewannya adalah hewan yang halal dimakan dagingnya.

2. ORANG MUSLIM YANG MENYEMBELIH

Sembelihan yang halal itu adalah sembelihan orang muslim, meskipun orang kafir menyembelih dengan menyebut nama allah itu tidak menjadikan daging dari hewan sembelihannya itu halal. Disebutkan dalam surat al maidah ayat 5 “makanan (sembelihan) orang orang yang diberi al kitab itu halal bagimu.”

Jadi seorang penyembelih hewan qurban juga harus pasti ke islamannya, bukan hanya orang islam ktp saja. Seorang penyembelih qurban harus di cek sholatnya, jika dia tidak sholat maka hasil sembelihannya tidaklah sah. Karena yang membedakan orang islam dan orang kafir adalah sholatnya, jika tidak sholat maka orang tersebut adalah kafir.

3. MENGGUNAKAN PISAU YANG TAJAM

Untuk menyembelih hewan qurban kita diwajibkan untuk menggunakan pisau yang tajam, kenapa? Karena supaya hewan yang di sembelih cepat mati dan supaya kita tidak menyiksa hewan atau memperlama matinya hewan yang disembelih. Kita dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban menggunakan peralatan atau pisau yang terbuat dari besi ataupun baja yang penting bisa digunakan untuk memotong, karena menyembelih itu memotong tenggorokan dari hewan yang disembelih. Dan kita dilarang untuk menggunakan gigi dan tulang untuk menyembelih hewan qurban seperti yang disebutkan dalam hadist dari rofi’ bin khodij.

4. YANG DI QURBANKAN HALAL

Yang dimaksud adalah hewan yang di qurbankan harus sesuai dengan syarat hewan qurban yang ada, jadi kita tidak boleh mengurbankan hewan yang tidak memenuhi syarat hewan qurban. Jika kita berniat ber qurban namun kita mengurbankan hewan yang tidak memenuhi syarat maka daging yang kita qurbankan tidak sah untuk menjadi hewan hewan qurban.

Itulah rukun yang harus dipenuhi oleh orang yang ingin menyembelih hewan qurban, nah info sedikit untuk kalian yang ingin membeli perlengkapan islami dan ibadah. Manhijrah.com menawarkan perlengkapan ibadah dan islami dan jual celana sirwal untuk anda yang ingin tampil lebih syar’i

Demikian dulu yah dari saya, semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *