Syarat Hewan Qurban

Syarat Hewan Qurban

Syarat Hewan Qurban – Assalamualaikum wr.wb

Kita sudah mendekati tanggal 10 dzulhijah nih temen temen, dimana tanggal untuk kita umat muslim berkurban dan merayakan hari raya idul adha. Dan sebelumnya adalah tanggal Sembilan dimana di sunnahkan untuk kita berpuasa arafah yang di mana dapat menghapuskan dosa dosa kecil setahun yang sudah lalu dan setahun yang akan datang. Masih ada banyak lagi keutamaan yang ada di 10 hari awal bulan dzulhijah di mana pahala yang bisa di dapatkan setara dengan orang yang berjihad di jalan allah.

Karena sudah mendekati idul adha kali ini ane bakal memberitahukan syarat hewan qurban yang layak untuk di qurbankan, jadi saat sebelum tiba hari raya idul adha kita mampu untuk mensortir hewan yang layak untuk di qurbankan. Dibawah ini adalah syarat hewan qurban sesuai dengan aturan islam :

syarat hewan qurban

1. HEWAN YANG DIPERBOLEHLKAN UNTUK BERQURBAN

Syarat pertama adalah mengurbankan hewan yang diperbolehkan untuk di qurbankan. Apa saja hewan yang boleh untuk di qurbankan? Hewan yang boleh di qurbankan adalah sapi atau lembu, unta, kambing, domba, dan biri-biri.

2. USIANYA SESUAI SYARIAT

Syarat hewan qurban adalah usianya yang sesuai dengan syariat. Dan umur dari setiap jenis hewan qurban itu berbeda beda. Di bawah adalah daftarnya
– Untuk unta usianya ketika berumur lima tahun memasuki tahun ke enam
– Untuk sapi atau lembu ketika usianya berumur 1 tahun dan telah memasuki tahun ke tiga
– Untuk kambing ketika usianya satu tahun dan memasuki tahun ke dua
– Untuk biri biri ketika usianya minimal enam bulan

3. TIDAK CACAT

Kita tidak boleh mengurbankan seekor hewan yang cacat, kita di wajibkan untuk mengorbankan hewan yang sehat, tidak sakit, dan tidak cacat fisik. Yang di maksud disini adalah kita dilarang untuk mengurbankan hewan yang :
– Kita tidak boleh mengurbankan hewan yang pincang
– Kita tidak boleh mengurbankan hewan yang buta di sebelah matanya atau di kedua matanya
– Kita tidak boleh mengurbankan hewan qurban yang kurus dan tidak berisi
– Kita tidak boleh mengurbankan hewan qurban yang tidak memiliki sumsum tulang belakang
– Kita tidak boleh mengurbankan hewan wurban betina sedang tidak hamil atau melahirkan
Jika kita mengurbankan hewan qurban yang cacat maka hukum dari qurbannya adalah tidak sah.

4. DISEMBELIH PADA HARI YANG DI TENTUKAN

Waktu penyembelihan qurban sudah di tentukan oleh agama, untuk menyembelihnya adalah pada hari narh atau hari tasyrik. Selain pada hari itu jika kita melakukan qurban maka qurban kita tidak sah, karena tidak kita ber qurban pada hari yang di tentukan oleh syariat islam.

5. HEWAN YANG DI IKHLASKAN UNTUK DI QURBANKAN

Di perbolehkan dan di halalkan jika yang ber qurban ikhlas atas hewan yang di qurbankannya, jika tidak ikhlas maka lebih baik tidak ber qurban. Kita juga tidak di perbolehkan ber qurban dari dengan hewan hasil merampok atau curian. Atau hewan milik dua orang tanpa seizing salah satunya.

Syarat hewan qurban di atas harus di penuhi untuk kalian yang ingin berqurban supaya qurban yang dilakukan menjadi afdol dan diterima disisi allah. Sebelum ane tutup ane mau sedikit ngasih info bahwa manhijrah.com mne jual celana sirwal syar’I untuk anda yang ingin tampil lebih islami.
Sekian yah artikel untuk hari ini, semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *